Tuesday, March 18, 2014

Sistem Operasi Berbasis GUI [ Sejarah Sistem Operasi & Fungsi Dasar]

Sejarah Sistem Operasi

Karena mengalami perkembangan yang sangat pesat sejarah SO di bagi empat generasi yaitu:
1. Generasi Pertama [1945-1955]
     Merupakan awal dari perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.
2. Generasi Kedua [1955-1965]
    Generasi ini memperkenalkan Batch Processing System. Batch Processing System adalah pekerjaan yang dikerjakan dalan satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan. Pada generasi kedua ini sistem komputer belum di lengkapi sistem operasi, tapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada. Misalnya seperti fungsi sistem operasi FMS dan IBSYS.
 3. Generasi Ketiga [1965-1980]
     Pada generasi ketiga perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus. Dimana para pengguna interaktif berkomunikasi lewat terminal secara online ke komputer maka sistem operasi menjadi di gunakan banyak pengguna sekaligus (multiuser) dan melayani banyak program sekaligus (multiprogramming)
4. Generasi Keempat [pasca 1980an]
    Pada generasi ini sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer komputer yang saling terhubung satu sama lain. 
Fungsi Dasar 

     Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu perangkat keras (hardware), program aplikasi, sistem operasi, dan pengguna.
     Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagi program aplikasi serta para pemakai. Fungsi penting sistem operasi adalah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.

Lanjutkan membaca ---> Sistem Operasi Berbasis GUI [Konsep Dasar Sistem Operasi]

source: artikel ini berasal dari buku pelajaran, ringkasan, dan catatan ku. di SMK

No comments:

Post a Comment

Tulis Komentar dan Masukan mu di sini :)

Popular Posts

Kalau kalian pengen berbagi postingan di blog ini tolong sertakan sumber dari blog ini ya :) please enjoy my site.. :)
.
aku harap apa yang kalian baca dari blog aku bisa bermanfaat :)
.