Saturday, November 30, 2013

Cara Menggabungkan Gambar agar Terlihat Realistis





Pagi kali ini saya akan berbagi tutorial Cara Menggabungkan Gambar agar Terlihat Realistis. Sudah lama saya mengedit foto dan menggabugkan fto tersebut,, tp hasilnya slalu janggal.. kyak g nyata gtu,, dan saya bertanya2 bgemana y caranya??? dan kebetulan kemaren, saya baru saja di ajari oleh teman saya. hehehehe
dan langsung saja saya pelajari semalaman... dan setelah saya berhasil mempelajarinya, lalu saya upload hasilnya ke fb, dan saya kasih lihat ke teman saya yg mengaajari saya td. Dan dia bilang "Bagus", Alhamdulilah brarti saya udah bisa.. hehehe (lebay)
Oke kalau begitu langsung saja kita mulai langkah langkahnya :


Siapkan dulu objek nya.. disini saya memakai 3 objek :


  • Foto Zelo B.A.P
  • Gambar Bunny Totomato 
  • Gambar jalan raya 

  1. Buka Photoshopnya. lalu buka objek tadi klik  File - Open - pilih gambar - Open 
  2. Langkah awal seleksi foto Zelo B.A.P kalian bisa menggunakan polygonal lasso tool atau juga bisa memakai pen tool. hapus backgroundnya.. jika sudah drag ke halaman gambar jalan raya dan beri nama layernya zelo.

  3. Seleksi gambar bunny totomatonya sama seperti gmbar sebelumnya tadi dan drag ke halaman bacground jalan raya. kebetulan gambar bunny yang saya gunakan ekstensinya png. jadi tinggal saya drag. ganti nama layer menjadi bunny.

  4. Buat layer baru  diatas layer zelo, dan beri nama 'cahaya', kemudian sapukan brush dengan hardness 0%. untuk warna brush sesuaikan warna pencahayaan  pada background nya. pada gambar ini saya menggunakan warna biru.. 

  5. jika sudah di sapukan tekan Ctrl + Alt + G, blendingnya overlay, dan opacity nya 50% 

  6. doble klik pada layer zelo dan setelah muncul layer style centang drop shadow dan atur seperti ini 
  7. Setelah klik ok Klik kanan pada drop shadow dan pilih create layer dan akan menjadi layer zelo's Drop Shadow. pilih layer zelo's drop shadow, klik Edit - transform - distort atur posisi bayangan seperti ini..
  8. Masih pada layer zelo's drop shadow, pilih Filter - Blur - Motion Blur. dan ubah opacity 75% dan blandingnya multipli . Jika sudah buat layer baru  di bawah layer zelo dan beri nama bayangan. sapukan brus pada bagian kaki zelo dengan hardness 50%. 
    pilih Filter - Blur - Gaussian Blur. Ubah opacity menjadi 50%.

  9. Pilih layer zelo Klik icon Add Layer Style - Drop Shadow. Sama seperti cara no. 7, klik kanan pada drop shadow, setelah terbentuk layer baru. Ganti nama layer menjadi "bayangan2"

  10. Pada layer bayangan2, klik icon Add Vector Mask. Dengan brush hardness 0%. Hapus pada sekitar bagian zelo.. 

  11. sama seperti  langkah no 4. Buat layer baru  diatas layer bunny, dan beri nama 'cahaya', kemudian sapukan brush dengan hardness 0%. Dan jika sudah di sapukan tekan Ctrl + Alt + G, blendingnya overlay, dan opacity nya 43% 

  12. Pilih layer bunny Klik icon Add Layer Style - Drop Shadow. Sama seperti cara no. 7 dan 9, klik kanan pada drop shadow, setelah terbentuk layer baru.. Pilih layer bunnys's drop shadow, klik Edit - transform - distort atur posisi bayangan.
    Masih pada layer zelo's drop shadow, pilih Filter - Blur - Motion Blur. dan ubah opacity 75% dan blandingnya multipli 

  13. Buat layer baru dan dan beri nama bayangan   di bawah layer bunny. sapukan brus pada bagian bawah bunny dengan hardness 50%. dan pilih Filter - Blur - Gaussian Blur. sesuakikan opacity nya. 

  14. Gabungkan semua layer dengan membuat satu group, dan duplikat group tersebut. buat layer baru di atas layer group copy. Kemudian pilih layer baru dan layer group copy dan tekan Ctrl + E, beri nama gabung. dan hilangkan tanda mata pada layer group
  15. Untuk finishingnya klik icon Add Adjustment Layer > Color Balance. atur sesuai gambarnya.... jika sudah tekan Ctrl + Alt + G. 
    Zelo B.A.P

Sekian tutorial dari saya semoga bermanfaat ya...  Jika ada kekeliruan atau ada yg membingungkan bisa langsung komen di bawah ini.... :) annyeong...... :)

11 comments:

  1. langsung ke tkp nih
    thanks ya....

    ReplyDelete
  2. makasih mbak rianti. ini membantu

    ReplyDelete
  3. mo namya nih mba,kok saya coba2 di color balancenya ga ada perubahan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di pastikan dlu di layer yg mw di color balance.. atau mgkin ada yg slah lgkah awalnya :) tlong di coba lagi kl msih bgung bisa langsung tanya lagi.. :)

      Delete
  4. kak cara yg no.10 itu gmna? kok kakak bsa pndh ke kotak sebelah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kmu klik Add Vector Mask (yg diligkari di bgian bwah gmbar 10) pas di layer bayangan2 :)

      Delete
  5. keeuuuureeennn ijin serap ilmunya gan

    ReplyDelete
  6. lumayan nmbah ilmu... tank ahhhh

    ReplyDelete

Tulis Komentar dan Masukan mu di sini :)

Popular Posts

Kalau kalian pengen berbagi postingan di blog ini tolong sertakan sumber dari blog ini ya :) please enjoy my site.. :)
.
aku harap apa yang kalian baca dari blog aku bisa bermanfaat :)
.